Senin, 11 Juli 2011

Problem CVT Motor Mio

Yamaha mio mengalami masalah, pas jalan angkatan awal bunyi cit,cit,cit, ditambah tenaganya drop, apalagi jika beban lebih misal ketika berboncengan atau bawa barang yang berat. Ini sangat mengganggu.

Solusi

Sebenarnya masalah tersebut terfokus pada distribusi tenaga, untuk Yamaha mio menggunakan system CVT, apabila system ini tidak bekerja dengan baik atau mengalami kerusakan beltnya,akan menyebabkan masalah seperti diatas. Penting untuk dilakukan adalah, setelah servis ringan 2x untuk yang ketiganya perlu cek kondisi CVT, terutama diberi vaselin atau gemuk. Bagian yang diberi vaselin atau gemuk adalah di bagian pulley primary dan secondary sheave.

Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan kerusakan komponen yang perlu diganti apabila CVT telat diberi vaselin atau gemuk, atau tidak di cek secara periodik. Biaya yang dikeluarkan menjadi lebih besar karena kerusakannya sistemik dan menyeluruh. kita bisa kelur biaya lebih dari Rp. 500.000,00.



 
keterangan gambar: komponen sistem CVT yang diganti

Bagian yang harus diganti bila kerusakan sistemik adalah :



1.V – belt = Rp.59.500 ,V-belt sepeda motor matik memiliki limit penggunaan 25.000km

2.Set secondary = Rp.52.000

3.Seal felt/o ring (mio AL115S) = Rp.50.000

4.Weight (5MXI) atau roller (5buah) = Rp.78.000

5.Secondary sliding sheave (mio) = Rp.152.000

6.Grease CVT = Rp.9.000

7.Seal felt/oil seal (mio AL11) = Rp.50.000

8.Ongkos pekerjaan+servis = Rp.60.000

Penting : kerusakan tersebut belum yang kategori parah jadi ada bagian yang masih bisa dipakai, bila sudah parah lebih besar lagi biayanya.

Tu kan jadi boros!, itu akibatnya bila sepeda motor tidak dirawat secara berkala, jadi kalo rusak borongan, tentunya semua itu harus diserahkan dan didelegasikan kepada mekanik yang handal dan berpengalaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons