Senin, 11 Juli 2011

Stroke Kruk As

Mulai nge-blog lagiii....
Bingung juga mau nulis apaan, dimulai dari ini aja lah... Stroke Kruk As.
Stroke kruk as ntu, intinya naikkin posisi big pen stang sekher biar didapat langkah (stroke) lebih panjang dari aslinya. Alhasil, jadilah volume silinder (cc) meningkat, V = S x D
V = Volume silinder (cc)
S = panjang langkah (cm)
D = Diameter silinder (cm2)
Stroking krek as mah dah jadi makanan mingguan, cape emang... tapi kalo ngeliat pelanggan puas dengan hasil kerjaan kita, wah,,,, rasanya terobati udah cape ntu.
Oke, disini langkah-langkah pengerjaan yg biasa gw lakuin untuk stroking tu gini :
  • Lepas / bongkar kruk as pake mesin press

      • Ukur diameter lubang big pen pake jangka sorong, juga jarak sisa antara ujung lubang big pen dengan kruk as paling atas (cuma buat patokan aja)
      • Pasang posisi cekam di mesin bubut, (cekam 4 menopang cekam 3, lah gemana kan lubang big pen ga pas ditengah, hehe)
      • Posisikan kruk as bagian kopling pada cekam, trus posisikan lubang big pen jatuh tepat center mesin bubut.

      • Setelah posisi lubang pas center, tinggal turunin deh cekam 3 nya ampe posisi seberapa banyak tuh krek as mau di-stroke
      • Bubut lubang big pen hingga diameternya kurang 1mm dari diameter awal.

      • Gunakan Dial Indikator untuk mengecek posisi kelurusan dari kruk as, (wah ini nih bagian yang paling riskan, sekali ga rata, minta ampun deh buat ngebetulinnya, bisa-bisa pengerjaan yang dari tadi dilakuin gagal total)
       
      • Setelah diameter pas dan jarak naik lubangnya juga pas, baru deh bagian yang tidak tersayat pahat bubut dilas menggunakan las listrik.

      • Bubut kembali lubang big pen hingga diameternya kurang 0,5mm dari diameter semula
      • Sayat bagian rata lubang big pen, lihat kerataannya, apabila ternyata bisa kesayat semua (melingkar) brarti pengerjaan dah ampir sempurna.
      • Sayat lagi lubang big pen hingga diameternya kurang 10 mikro dari diameter big pen nya.
      • Kasih pierching biar saat masukin big pen ga susah
      • Selese deh pengerjaan stroking kruk as bagian kopling, hal yang sama juga untuk bagian magnet nya.
      • Assembling lagi kruk as dan stang sekher, trus cek kelurusannya.

      • Kelar dweh..... hehe.

        Salam.

        0 komentar:

        Posting Komentar

        Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

         
        Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons